Jumat, 18 Maret 2011

Keadaan Gunung Bromo Pasca Erupsi

Waktu itu saya dan teman2 sekelas tiba2 berencana ke bromo untuk melihat keadaan pasca erupsi. wah, ya langsung okey2 aja. Saya kesana melalui jalur dari Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Jalan ke arah tempat wisata Air Terjun Pelangi. Jarak ke Boromo dari Tumpang sekitar 30km. anda akan memasuki Kawasan Wisata Bromo Tengger Semeru. Di Air Terjun Pelangi itulah jalan mulai agak rusak. jalanya terbuat dari batako dan kiri kanan jalan adalah jurang. cuaca disana sangat berkabut, mungkin pandangan sekitar 20m. karena pada waktu itu saya berangkat jam 07.00 pagi. Jalur ini melewati pegunungan2. jadi harus ekstra hati2.
ini track waktu di daerah ngadas

Cuaca pada waktu itu sangat dingin. tangan terasa kaku. seperti memegang bongkahan es di tambah waktu itu hujan gerimis, tapi tak menghalangi niat saya dan teman untuk melanjutkan perjalanan. jika ada pertigaan, anda sebaiknya ambil arah kiri saja. cos, klo ke kanan itu ke arah semeru. Jalan akan menanjak terus. pastikan kendaraan anda pada keadaan Fit. anda akan melewati perkampungan Desa Ngadas dan Poncokusumo. perjalan trs dilanjutkan anda menemukan batu besar sebelah kanan jalan. di situlah perbatasan antara Malang dan Probolinggo.
Batu Perbatasan Malang-Probolinggo
Dari batu besar itu, bromo sudah dekat. anda akan melewati padang ilalang yang sangat luas dan sangat indah sekali. anda akan d suguhi gunung2 kecil seperti di Acara anak2 Teletubies. Indah sekali. mulai dari situ, jalan sudah berpasir. nada harus berhati2. Saat itu, hanya ada sekitar 5 orang yg ada d padang pasir bromo. sangat sepi. karena pada saat itu bromo sedang di tutup. di karenakan Gunung Bromo mau meletus. suara gemuruh sangat keras terdengar. asap tebal berwarna hitam kemerah-merahan berada tepat di atas kita. agak ngeri sih, tapi karena pemandangan yg sangat indah, kami tidak merasa takut sekali. setelah mengambil foto2 kami naik ke daerah Sukopuro untuk mengisi bensin karena persediaan sudah menipis.

Ternyata di sana sudah banyak Polisi yang sedang menjaga pintu masuk ke Gunung Bromo. kami ditanya dari mana. kami jawab ya dari padang pasir bromo. polisinya kaget. karena batas aman adalah 2km dari Gunung Bromo. padahal kami sudah keliling dari sana. hahaha..
kami akhirnya pulang di suruh lewat Probolinggo. dah kami ya nurut aja. kami akhirnya muter deh. perjalanan pulang akhirnya di tempuh dengan jarak 100km lebih tuk menuju malang. gak papalah, itung2 Touring. hahaha

Gallery Foto :

Selamat jalan-jalan kawan..." LANJUTKAN...!!!