Jumat, 22 Oktober 2010

Goa Akbar (Tuban-Jawa Timur)


KEANGGUNAN panorama alam ternyata bukan hanya terdapat di permukaan bumi, seperti hamparan gunung yang menghijau atau luasnya lautan dengan hamparan pasir putihnya, tetapi juga dapat pula dinikmati dari bongkahan batuan dalam bumi, atau yang biasa kita kenal sebagai goa alam.

Bagi Anda pengagum keindahan alam, masih belum lengkap rasanya bila belum mampir ke kota Tuban untuk menikmati keindahan bawah tanah Goa Akbar. Bertempat tepat di pusat kota Tuban, Goa Akbar membentang penuh kelokan dengan pesona tersendiri.
Untuk mencapai Goa Akbar juga tidak terlalu sulit. Anda cukup mencari Pasar Baru Tuban di Desa Gedongombo, Kecamat Semanding, Tuban atau satu kilometer perjalanan dari alun-alun kota. Di bawah pusat pasar tradisional itulah terdapat lorong berornamenkan batuan stalaktit dan stalagmit yang meneteskan buliran bening air keabadian dan senantiasa tak pernah sepi pengunjung.

Ketika saya berkunjung ke lokasi wisata andalah Tuban ini, begitu memasuki pintu goa langsung disambut penuh keramahan oleh salah satu staf bernama (Bpk Bambang), yang kemudian dengan telaten memandu menjelajahi lorong demi lorong Goa Akbar. Dikatakan oleh Bambang, panjang lintasan lorong yang selalu dijelajahinya bersama para wisatawan itu, lebih kurang 1.100 meter dari lorong masuk hingga keluar.
Dalam beberapa catatan reverensi, penelitian arkeologi, Goa Akbar diperkirakan sudah berusia lebih dari 20 juta tahun. Hal itu ditandai dengan ditemukannya fosil binatang laut seperti kerang di batu-batu dan dinding goa, yang dapat dilihat sendiri oleh setiap wisatawan atau pengunjung goa.

Pose Dulu..." hahaha...

Ini Tempat Prapen Empu Supa...

Sumber Air di Dalam Gua..." Kata orang2, klo wudhu di situ bsa membuat kita awet muada..." mosok se..

Jika anda ingin Sholat, anda bisa sholat di Mushola peninggalan Sunan Bonang..." kereeenn...
Selamat mencoba Kesana... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar